Thursday 17 February 2011

Bonding attachment

Pengertian Bonding  & Attachment
Brazelton menggambarkan bonding sebagai  suatu hubungan yang berawal dari saling memikat diantara orang-orang, seperti antara orang tua dan anak ketika pertama kali bertemu, dan attachment menggambarkan suatu perasaan kasih sayang atau kesetiaan yang mengikat antara satu orang dengan yang lain, itu adalah unik, spesifik, dan memerlukan kesabaran.
Menurut Wong (1993), memberikan arti Bonding  menggambarkan suatu perkembangan ikatan emosional dari orang tua kepada bayi dan Attachment menggambarkan suatu perkembangan ikatan emosional dari bayi kepada orangtuanya”.
 Menurut Klaus dan Kennel(1982), “Bonding  sebagai hubungan yang unik antara dua orang yang lebih spesipik yang berkembang terus sepanjang waktu. Dan Attachment juga diartikan sebagai kualitas perikatan emosional seseorang  terhadap pasangannya”.



8
Menurut Campbel (1979) dikutip May (1990), “Bonding merupakan hubungan tunggal dari orang tua : dilukiskan dalam proses segera setelah lahir, bonding difasilitasi oleh kontak dini, menyusui dan kontak mata. Dan Attachment hubungan dua orang atau timbal balik antara  orang tua dan bayi.

Dari beberapa pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Bonding merupakan kontak pertama bayi dan ibu, dan Attachment merupakan kasih sayang antara ibu dan bayi

Alasan Pentingnya Bonding & Attachment  (Klaus & Kennel ,1982)
1.  Bayi menyukai ketenangan dalam satu jam setelah kelahiran, tatapan mata   dan permulaan menyusui
2. Tanda dan isyarat dari bayi kepada orang tua terhadap kebutuhannya, yang membantu mereka berinteraksi dengan bayi sebagai individual
 3. Ibu dan ayah sering membangkitkan hasrat dalam berinteraksi dengan bayi
   4. Orang tua memiliki perasaan khusus dengan bayinya selama waktu itu dan pelaksanaan interaksi merupakan hal yang tepat dilakukan

Periode Sensitif Bonding & Attachment
1. Periode sensitive untuk kontak antara orang tua dan bayi yaitu menit dan jam pertama kelahiran. (Klaus & Kennel ,1982)
2. Tahap ini penting untuk diketahui karena periode ini menggambarkan waktu pertama bayi terjaga dari tidur. Waktu dimana lebih banyak perhatian, tenang dan waspada. Saat ini mata bayi membuka dan lebih berespon terhadap lingkungannya (Wolff, 1959).
3. Robinson (1981) menyatakan “dalam periode 45 – 60 menit pertama setelah kelahiran memungkinkan untuk interaksi karena bayi dapat melihat dan memiliki visual kemudian bicara”.
4.“ Bayi juga dapat mendengar suara ibu “ (Klaus dan Kennel,1982).

  Prasyarat atau kondisi dilaksanakan Bonding & Attachment :
 Mercer (1982) yang dikutip Bobak (1995), mengemukakan lima prekondisi yang mempengaruhi Attachment yaitu :
·         Kesehatan emosional orang tua (kemampuan mempercayai orang lain)
·         Sistem dukungan sosial yang mencakup pasangan, teman, dan keluarga
·         Kemampuan berkomunikasi dan keterampilan memberikan perawatan
·          Kedekatan orangtua dengan bayinya
·          Kecocokan orangtua terhadap bayinya (keadaan temperamen dan jenis kelamin)

No comments:

Post a Comment